Database atau basis data adalah sekumpulan data yang disimpan dalam komputer dengan tujuan tertentu dan disusun sedemikian rupa sehingga dapat diakses, dikelola dan diperbaharui secara mudah.
Dalam perkembangannya data-data tersebut dapat berbentuk berbagai macam data misalkan berupa program, lembaran-lembaran untuk entry (masukan) data , laporan-laporan. Kesemuanya itu dapat dikumpulkan menjadi satu yang disebut dengan database.
Sifat – sifat database :
- Internal yaitu kesatuan (integritas) dari file-file yang terlibat .
- Terbagi/share yaitu elemen-elemen database dapat dibagikan pada para user baik secara serentak dan pada waktu yang sama.
Apa saja yang termasuk dalam elemen-elemen database ?
Elemen-elemen database terbagi dua yaitu berdasarkan tipe dan berdasarkan isi atau nilai.
Elemen database berdasarkan tipe :
1. Enterprise à suatu jenis organisasi misalnya Bank, Hotel, Universitas dan lain-lain.
2. Entity/File à obyek pada enterprise/perusahaan berdasarkan data yang disimpan.
3. Atribute/Field/Data Item à beberapa hal yang ingin diketahui dari suatu file.
4. Record à suatu set field/data item yang merupakan cirri khas dari suatu file.
Elemen database berdasarkan isi/nilai :
1. Data File à seluruh isi data pada file
2. Data Record à satu set isi data pada suatu susunan field dari suatu file.
3. Data Value à isi data masing-masing data elemen.
TEKNOLOGI DATABASE
Teknologi database adalah teknologi yang berhubungan dengan pengolahan data menjadi informasi yang dapat dikelola dan dibaca dengan mudah.
Pembicaraan basis data tidak dapat dipisahkan dengan teknologi komputer, karena teknologi basis data dan komputer berkembang beriringan. Perkembangan teknologi pengelolaan basis data mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan penggunaan komputer. Sebagai contoh, pemakaian teknologi basis data dalam pengelolaan data yang berjumlah besar untuk keperluan bisnis, keteknikan, pendidikan, kesehatan, hukum, perpustakaan, dan sebagainya, akan sangat efisien bila komputer digunakan.
3.3. SOFTWARE DATABASE
Software Database adalah aplikasi perangkat lunak yang digunakan user untuk mengelola dan mencari data.
Contoh dari software database yang sering digunakan adalah :
1. Microsoft SQL
2. Oracle
3. Sybase
4. Xbase
5. MySQL
7. Microsoft Access
8. dBase III
9. FOX Pro
Database menyediakan fasilitas untuk memudahkan dalam memproduksi informasi yang digunakan oleh pemakai untuk mendukung pengambilan keputusan. Hal inilah yang menjadikan alasan dari pengguna teknologi database pada saat sekarang ( contohnya dunia bisnis ).
Berikut adalah contoh penggunaan aplikasi database dalam dunia bisnis :
1. Bank : Pengelolaan data nasabah, akunting, semua transaksi perbankan.
2. Penerbangan : Pengelolaan data reservasi dan penjadwalan.
3. Universitas : Informasi mahasiswa, registrasi matakuliah, daftar nilai.
4. Penjualan : Pengelolaan data customer, produk dan penjualan.
5. Pabrik : Pengelolaan data produksi, persediaan barang, pemesanan, agen
6. Kepegawaian : Pengelolaan data karyawan, gaji, pajak
7. Telekomunikasi : Tarif, tagihan bulanan, saldo kartu prabayar
8. Restoran : Total penjualan, menu yang disukai, jam-jam sibuk.
Dari beberapa contoh diatas, mari kita membahas tentang aplikasi yang digunakan oleh sebuah restoran.
Data yang diharapkan dari aplikasi restoran adalah :
- Data Penjualan ( dari check yang dikeluarkan ) yaitu :
a. Total penjualan
b. Menu yang terjual
c. Jenis-jenis pembayaran : Tunai/Kartu Kredit
d. Discount/Promo
e. Member yang datang
f. Meja yang favorit
a. Dari data total penjualan maka akan bisa dibuat tabel-tabel berdasarkan penjualan perhari / perbulan / pertahun yang isi antara lain :
1. Net revenue : penjualan bersih
2. Service Charge : service yang dibayar tamu yang dibagikan untuk karyawan ( biasanya 10% dari net revenue )
3. Pajak : Pajak yang dibayar tamu yang harus dibayarkan ke pemerintah daerah (10% dari net revenue + service charge )
4. Gross Revenue : Total penjualan (net revenue+service charge+pajak)
Maka dari tabel data diatas, pihak restoran akan bisa menghitung berapa pendapatan bersih, berapa service charge yang harus dikeluarkan untuk karyawan, berapa pajak yang harus dibayar ke Pemda dan ini bisa dilhat perhari/perbulan bahkan pertahun.
b. Dari aplikasi ini, pihak restoran juga dapat mengetahui menu item yang terjual dan dapat dibuat tabel yang berisi :
1. Nama menu item
2. Harga menu item
3. Jumlah yang terjual
4. Total ( harga X jumlah yang terjual )
Dari tabel pelaku bisnis akan bisa mengetahui makanan/minuman apa saja yang paling laku terjual dan menu item apa saja yang kurang laku, dan tindakan apa yang akan diambil berdasarkan data ini.
c. Dari jenis-jenis pembayaran akan bisa dibuat tabel :
1. Nama – nama pembayaran : Tunai / macam-macam kartu kredit
2. Jumlah dari masing-masing pembayaran
3. Total pembayaran dari masing jenis pembayaran.
Dari tabel ini akan bisa di ketahui berapa jumlah uang yang diterima untuk disetorkan ke bank. Serta total pembayaran masing-masing kartu kredit yang diterima untuk ditagih ke bank.
d. Dari total penjualan juga bisa ambil buat tabel berdasarkan discount atau promo:
1. Nama discount / promo
2. Berapa jumlah discount yang terjadi
3. Total discount
Berdasarkan tabel, pelaku bisnis bisa mengetahui promo apa saja yang disukai tamu, dan apa langkah selanjutnya untuk promosi restoran.
e. Bagi yang punya data member untuk aplikasi restorannya maka akan bisa dibuat tabel :
1. Nomor member
2. Nama member
3. Total pengeluaran oleh member
4. Makanan/minuman dipesan member
5. Dari tabel ini dapat diketahui member mana saja yang loyal terhadap restoran, dan dapat diketahui makanan/minuman yang disukai seorang member.
f. Meja yang disukai tamu juga bisa dibuat tabel seperti ini :
1. No Meja
2. Turn over ( perputaran tamu )
3. Jumlah check di suatu meja
4. Total penjualan di suatu meja.
Dari data penjualan yang merupakan data dari check/bill/bon yang dikeluarkan ini, maka kita bisa mengelompokkan data-data tersebut seperti diatas dan disimpan agar bisa kita buat laporan perhari / perbulan / pertahun dari data tersebut.
Dan berdasarkan analisa data diatas data tentang meja yang paling disukai tidak perlu disimpan sampai satu bulan karena tidak begitu penting. Paling hanya untuk laporan harian saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar